Interaksi Manusia dan Komputer

 Interaksi Manusia dan Komputer 

Ilmu yang mempelajari tentang mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif , menarik dan praktis sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

image source

Definisi interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).

Komponen Interaksi Manusia dan Komputer

1. User
– Pengguna secara individu, suatu group dari pengguna yang bekerja sama, atau sekelompok pengguna dalam organisasi;
– Dimana masing-masing berhubungan dengan bagian sama dari suatu kerjaan atau proses.
– Pengguna berusaha menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bantuan teknologi (komputer).

2. Komputer

– Teknologi yang mengontrol suatu proses atau sebuah sistem; mulai komputer berskala  kecil/desktop sampai ke skala besar seperti komputer super. Ataupun suatu teknologi yang dapat ditempelkan/dicangkokkan (embedded system) ke benda.

3. Interaksi
–  Setiap komunikasi antara pengguna (user) dengan komputer, secara langsung maupun tidak langsung;  Interaksi tersebut melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan balik (feedback) dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja;
– Secara tidak langsung interaksi melibatkan background atau batch prosesing.

Untuk merancang sesuatu bagi seseorang, kita perlu mengetahui kapasistas dan keterbatasan dari seseorang tersebut. Kita perlu tahu apakah ada sesuatu (pekerjaan) yang membuat orang mendapatkan kesusahan atau kelebihan. Pengguna/user merupakan salah satu yang membuat rancangan sistem komputer itu ada. Pengguna yang seharusnya menjadi prioritas utama.

Leave a comment